Senin, 02 September 2013

interaksi sosial



A.INTERAKSI SOSIAL SEBAGAI PROSES SOSIAL
 Interaksi sosial adalah hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Dalam interaksi sosial,hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak harus saling merespon. Dalam interaksi sosial juga terdapat proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling memengaruhi antarmanusia.
B.PROSES TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL
Terjadinya interaksi sosial,yaitu pada saat dua orang atau lebih bertemu dan melakukan kontak sosial. Aktivitas aktivitas tersebut merupakan proses terjadinya interaksi sosial.
A.      Antara individu dengan individu
Interaksi sosial antar individu dapat terjadi ketika orang yang satu memberikan stimulus kepada individu lain dan individu terseebut memberikan respon.  Reaksi ini dapat berwujud saling menyapa,senyum atau  mungkin bertengkar dan saling memarahi. Contohnya,seorang bayi yang baru lahir,Ia akan melakukan kontak sosial dengan ibunya dan keluarga secara langsung.
B.      Antara individu dengan kelompok
Interaksi antarperorangan dengan kelompok terjadi ketika individu (perorangan) mengadakan hubungan timbal balik dalam kelompok tertentu. Seorang siswa sedang belajar bersama atau berdiskusi dalam kelompok belajarnya. Diskusi kelompok tersebut akan menimbulkan interaksi sehingga akan timbul hubungan timbal balik di antara kelompok belajar tersebut.
C.      Antara kelompok dengan kelompok
Interaksi antara kelompok dengan kelompok terjadi ketika sekelompok manusia mengadakan interaksi dengan kelompok lain sehingga terjadi hubungan timbal balik antara dua kelompok tersebut . contohnya, seperti kelompok OSIS SMPN 10 Semarang melakukan studi banding ke OSIS SMPN 1 Surakarta. Kedua kelompok itu akan bertemu dan bertatap muka. Kegiatan seperti itu dapat dijadika contoh kontak sosial perorangan dengan kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar